USER INPUT WITH TEXT FIELD | KIVY MD


USER INPUT WITH TEXT FIELD | KIVY MD

            Kita akan belajar cara mengambil input dari pengguna menggunakan bidang teks, ada dua cara untuk membuat elemen di dalam kivy md pertama menggunakan kode yang telah dilakukan sampai sekarang untuk membuat label dan tombol, kedua adalah menggunakan metode builder dalam metode builder kami menambahkan elemen menggunakan string multi-baris dan kivy secara otomatis mengenali string ini dan membuat elemen tersebut. Disini kita akan belajar bagaimana mengambil input dari pengguna menggunakan kedua metode ini, metode pembangun sangat penting karena kita akan menggunakan lebih banyak dari metode ini.

Langkah awal untuk membuat text fiel ini pastikan teman teman sudah mengimport beberapa hal yang penting dalam membuat text field ini. Untuk jelasnya teman teman bisa lihat pada gambar ini.



Nah dua baris awalan dari program tersebut meruppakan proses menginport MDApp sendiri yang dimana MDApp ini berfungsi untuk membuat aplikasi mobilenya. Sedangkan untuk screennya yaitu untuk tampilannya yang akan ditampilkan nantinya saaat program dijalankan.

Baris nomor lima berfungsi sebagai class dari aplikasi kita yaitu DemoApp. Setelah mendefinisikan classnya dilanjutkan dengan mebuild programnya dengan mengetikkan def build(self): tersebut. Setelah itu membuat variable screen yang dimana akan mengimport Screen dari KivyMD. Kemudian return screen bertujuan untuk menampilkan screen itu sendiri. Kemudian baris terakhir adalah perintah agar program dijalankan. Itu merupakan baris kode awal dari TextField, selanjutkan bisa dilihat pada gambar berikut ini:



Nah di gambar ini saya mengimport program untuk menampilakan TextField nantinya. Teman teman bisa melihat saya membuat variable username yang berisi MDTextField yang dimana MDTextField diisi dengan text=(“Enter Username”). nah tulisan enter username ini akan muncul didalam textfield yang berfungsi sebagai perintah yang diberikan pada pnrggunanyauntuk memasukkan usernamenya. Nah kemudian posisi dari textfieldnya di kunci pas di tengah tengah dengan menggunakan “pos_hint” dimana nilai posisi x = 0.5 dan y = 0.5 yang menjadikannya tepat di tengah dari screennya nanti. Nah disini juga terdapat “pos_hint_x=None” ini dimaksud apabila saat screen dikecilkan nanti ukuran dari textfield di dimensi x tidak berubah dan dengan lebar 300px. Dan teman teman jangan lupa menambahkan programdi atas tulisan return screen dan mengisinya dengan screen.add_widget(username) yang berfungsi untuk menampilkan textfieldnya nanti.

Setelah itu ada improvisasi disini yang bisa teman teman coba. Untuk contohnya bisa dilihat pada gambar ini.

    
Teman teman bisa menghapus MDTextFieldnya dan menggantinya dengan builder. Nanti MDTextField ini akan kita pindahkan pada program yang dimana program trsebut bisa mamnggil fungsi dari MDTextField ini. Fungsi dari username_helper ini merupakan variabel yang didalamnya terdapat fungsi dari MDTextField. Nah saat menggunakan comand “””….””” petik tiga tersebut dia tidak akan mengenali tanda ‘=’ namun dia mengenali tanda ‘:’ sebagai pengganti dari tanda = tersebut.seperti yang teman teman lihat pada program sebelumnya variabel usernamenya dimana pos_hint untuk mendefinisikan fungsinya dia menggunakan tanda = sedangkan dalam variabel username_helper kita menggunakan tanda :. nah variable username disini sudah diganti dengan variabel username baru yang diaman username baru ini akan memanggil isi dari usename_helper.

Untuk hasil running dari program bisa dilihat seperti ini :





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MACHINE LEARNING P_XII, XIII, XIV

Essay tranformasi digital di era revolusi industri 4.0