USER INPUT WITH TEXT FIELD | KIVY MD
USER
INPUT WITH TEXT FIELD | KIVY MD
Kita
akan belajar cara mengambil input dari pengguna menggunakan bidang teks, ada
dua cara untuk membuat elemen di dalam kivy md pertama menggunakan kode yang
telah dilakukan sampai sekarang untuk membuat label dan tombol, kedua adalah
menggunakan metode builder dalam metode builder kami menambahkan elemen
menggunakan string multi-baris dan kivy secara otomatis mengenali string ini dan
membuat elemen tersebut. Disini kita akan belajar bagaimana mengambil input
dari pengguna menggunakan kedua metode ini, metode pembangun sangat penting
karena kita akan menggunakan lebih banyak dari metode ini.
Langkah awal untuk
membuat text fiel ini pastikan teman teman sudah mengimport beberapa hal yang
penting dalam membuat text field ini. Untuk jelasnya teman teman bisa lihat
pada gambar ini.
Nah dua baris awalan
dari program tersebut meruppakan proses menginport MDApp sendiri yang dimana
MDApp ini berfungsi untuk membuat aplikasi mobilenya. Sedangkan untuk screennya
yaitu untuk tampilannya yang akan ditampilkan nantinya saaat program
dijalankan.
Baris nomor lima
berfungsi sebagai class dari aplikasi kita yaitu DemoApp. Setelah
mendefinisikan classnya dilanjutkan dengan mebuild programnya dengan
mengetikkan def build(self): tersebut. Setelah itu membuat variable screen yang
dimana akan mengimport Screen dari KivyMD. Kemudian return screen bertujuan
untuk menampilkan screen itu sendiri. Kemudian baris terakhir adalah perintah
agar program dijalankan. Itu merupakan baris kode awal dari TextField,
selanjutkan bisa dilihat pada gambar berikut ini:
Nah
di gambar ini saya mengimport program untuk menampilakan TextField nantinya.
Teman teman bisa melihat saya membuat variable username yang berisi MDTextField
yang dimana MDTextField diisi dengan text=(“Enter Username”). nah tulisan enter
username ini akan muncul didalam textfield yang berfungsi sebagai perintah yang
diberikan pada pnrggunanyauntuk memasukkan usernamenya. Nah kemudian posisi
dari textfieldnya di kunci pas di tengah tengah dengan menggunakan “pos_hint”
dimana nilai posisi x = 0.5 dan y = 0.5 yang menjadikannya tepat di tengah dari
screennya nanti. Nah disini juga terdapat “pos_hint_x=None” ini dimaksud
apabila saat screen dikecilkan nanti ukuran dari textfield di dimensi x tidak
berubah dan dengan lebar 300px. Dan teman teman jangan lupa menambahkan
programdi atas tulisan return screen dan mengisinya dengan screen.add_widget(username)
yang berfungsi untuk menampilkan textfieldnya nanti.
Setelah itu ada improvisasi disini yang bisa teman teman coba. Untuk contohnya bisa dilihat pada gambar ini.
Teman teman bisa
menghapus MDTextFieldnya dan menggantinya dengan builder. Nanti MDTextField ini
akan kita pindahkan pada program yang dimana program trsebut bisa mamnggil
fungsi dari MDTextField ini. Fungsi dari username_helper ini merupakan variabel
yang didalamnya terdapat fungsi dari MDTextField. Nah saat menggunakan comand
“””….””” petik tiga tersebut dia tidak akan mengenali tanda ‘=’ namun dia
mengenali tanda ‘:’ sebagai pengganti dari tanda = tersebut.seperti yang teman
teman lihat pada program sebelumnya variabel usernamenya dimana pos_hint untuk
mendefinisikan fungsinya dia menggunakan tanda = sedangkan dalam variabel
username_helper kita menggunakan tanda :. nah variable username disini sudah
diganti dengan variabel username baru yang diaman username baru ini akan
memanggil isi dari usename_helper.
Untuk hasil running
dari program bisa dilihat seperti ini :
Komentar
Posting Komentar